5 Inspirasi Dekorasi Resto Jepang

22 March 2019 - Kategori Blog

Kegiatan mendekor adalah kegiatan yang membutuhkan imajinasi tinggi dan pekerjaan yang menantang. Karena dekorasi bertujuan untuk mepercantik suatu ruangan atau hal apapun. Dan tujuan ini mesti tercapai. Jika tidak, bukannya keindahan yang didapat malah kesemrawutan. Kacau khan ?!

Jika Anda pemilik resto Jepang maka perlu memeperhatikan juga tampilan resto Anda. Skala besar maupun masih kecil-kecilan usaha yang saat ini sedang Anda jalankan, rasanya mendekor itu pekerjaan penting yang perlu Anda perhatikan.

Mengapa demikian ?

Karena resto Jepang itu unik. Ia tidak bisa disamakan dengan warung kuliner lain yang menjual menu-menu masakan khas Indonesia.

Pelanggan menu masakan Jepang biasanya adalah pelanggan-pelanggan fanatik yang memang penggemar. Untuk itu sebagai pengusaha Anda wajib memahami betul konsumen Anda sehingga dapat memberikan pengalaman pelanggan yang berkesan.

Untuk memberikan customer experince yang berkesan Anda bisa memberikan sentuhan pada dekorasi resto Anda. Beberapa benda di bawah ini mungkin bisa menjadi alternatif inspirasi dekor Anda.

1. Lampion

Lampion merupakan seni budaya Jepang yang masih lestari sampai saat ini. Awalnya lampion dipasang di tempat ibadah atau kuil. Namun dalam perkembangannya lampion digunakan sebagai hiasan rumah makan jepang maupun kebutuhan lainnya.

Lampion dapat digunakan pada resto Jepang yang menjual menu takoyaki, ramen, sushi, udon, shabu-shabu dan aneka menu lainnya.

Selain lampion yang bertuliskan nama-nama menu, lampion Jepang dapat juga disematkan logo usaha untuk menguatkan branding.

Lihat juga : Lampion Hakata Ikkousha Semarang

2. Noren

Noren adalah sejenis gorden atau tirai kain yang berbentuk persegi dengan memiliki satu atau beberapa belahan vertikal. Biasanya diletakkan di depan pintu rumah, rumah makan, toko, maupun kamar.

Menurut Mikako Sawada (seorang penulis seni budaya Jepang yang berbasis di Kyoto) selain sebagai penutup pintu yang elagan dan estetis, noren juga menumbuhkan rasa penasaran setiap orang yang melintas tentang apa yang ada di balik noren. Mirip seperti orang yang penasaran tentang apa yang ada di balik bungkus kado.

Noren juga dapat digunakan sebagai penyekat/pemisah antar ruangan. Untuk penempatan di luar ruangan berfungsi sebagai penghalau panas matahari, udara dingin maupun anti debu. Namun seiring waktu fungsi noren berkembang menjadi alat penanda atau media iklan yang dekoratif dan tentunya mempercantik suatu ruangan.

Di Jepang sebagian noren digunakan sebagai penanda waktu buka dan tutup suatu rumah makan, ketika jam buka noren akan dipasang dan dilepas saat hendak tutup. Selain itu noren juga digunakan sebagai media advertising yang menunjukkan suatu menu maupun logo usaha.

Lihat juga : Jual Noren Untuk Dekorasi Resto Jepang

3. Noren Single

Serupa dengan lukisan kain yang digantung dengan tali. Dapat ditempatkan di dinding, digantung di gerobak maupun hanya untuk koleksi pribadi.

Teks atau karakter pada noren single ini dapat berupa nama menu makanan maupun berupa kata-kata penyemangat.

4. Lukisan

Adalah hiasan dinding yang paling umum digunakan oleh masyarakat dunia. Masing-masing bangsa memiliki ciri khasnya sendiri. Termasuk Jepang.

Karya lukis Jepang memiliki keunikan tersendiri yaitu terletak pada kerataan dan gaya melukisnya dengan garis khas. Keunikan lainnya terletak pada teknik bayangan (shading) yang minimal.

Lukisan Jepang yang dapat sering dijumpai berupa gambar panorama alam seperti gambar Fujiyama, bunga sakura, gambar ombak laut yang menggulung maupun karakter-karakter ikonik khas Jepang seperti samurai dan sumo

5. Hachimaki

Berupa ikat kepala yang terbuat dari kain yang didalamnya tersemat kata-kata penyemangat. Hachimaki dipakai orang Jepang sebagai simbol semangat, ketekunan dan kerja keras.

Beberapa tulisan yang dapat sering dijumpai diantaranya ICHIBAN (Nomor 1), GOUKAKU (Sukses), TOUKON (Fighting spirit), dll.

Lihat juga: Lampion Jepang Custom Logo

, , , ,

error: Content is protected !!

 
Chat via Whatsapp