Lampion; Pengertian dan Bahan Baku

22 February 2019 - Kategori Blog

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) Lampion diartikan sebagai lentera yang terbuat dari kertas dengan penerangan lilin didalamnya, dipakai pada saat pesta atau perayaan. Dalam kamus bahasa Inggris lampion didefenisiskan sebagai lampu di dalam wadah yang memiliki pegangan untuk memegangnya atau menggantungnya, atau wadah itu sendiri. Dalam bahasa Mandarin lampion disebut deng long yang diperkirakan muncul pertama kali pada era Dinasti Han Barat sekitar 1800 tahun yang lalu.

Lampion pada awalnya terbuat dari kertas dengan bambu atau kayu sebagai rangkanya. Penggunaan bahan ini sangat rentan rusak, apalagi jika dipakai untuk luar ruangan. Seiring perkembangan zaman bentuk dan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat lampion juga terus berkembang. Saat ini lampion juga dibuat menggunakan kain dengan rangka mengguna kawat atau bahkan besi. Dari segi bentuk juga mengalami inovasi, yang awalanya hanya didominasi bentuk-bentuk solid seperti bulat, kapsul, kotak namun sekarang banyak produsen yang membuat lampion-lampion bentuk lain atau lazim disebut lampion karakter.

Lampion biasanya digunakan pada suatu acara atau festival atau event tertentu. Keberadaan lampion warna warni akan memberikan nuansa meriah dan semarak. Selain itu, lampion juga biasa digunakan sebagai penanda, penghias dekorasi restoran, rumah makan, kedai masakan jepang, masakan chinese food dan banyak pula yang menggunakannya sebagai home d├ęcor untuk penggunaan pribadi. Penggunaan lampion sebagai dekorasi akan menguatkan identitas dan branding produk suatu perusahaan.

Untuk pemenuhan kebutuhan lampion diantaranya dapat dibeli pada Jogja Lampion yang berada di Yogyakarta. Usaha ini menyediakan berbagai bentuk dan ukuran lampion dengan pilihan beraneka macam warna. Anda dapat menghubungi pada kontak 0817465790 untuk mendapatkan penawaran lebih lanjut.

, ,

error: Content is protected !!

 
Chat via Whatsapp